Modifikasi Mobil Listrik Bikin Kehilangan Garansi?

banner 468x60

NagabolaNews – Biasanya produsen mobil listrik menawarkan berbagai macam garansi pada produknya. Salah satunya pada komponen penting dalam mobil tersebut yaitu baterai. Garansi ini biasanya diberikan dalam waktu yang panjang untuk ukuran sebuah kendaraan, ada yang 5 tahun ataupun 8 tahun.

Di sisi lain, ada hal yang dapat menggugurkan jaminan garansi pada kendaraan tersebut. Salah satu halnya yaitu melakukan modifikasi pada kendaraan. Lalu modifikasi apa yang bisa menyebabkan garansi mobil listrik hangus?

Read More
banner 300x250

Head of After Sales PT Chery Sales Indonesia, Reza Deniar, di konferensi pers Chery, menyebutkan jika konsumen melakukan modifikasi audio, maka garansi yang dimiliki kendaraan salah satunya garansi baterai pada mobil listrik bisa batal.

“Kami tidak menyarankan untuk memodifikasi kendaraan. Salah satunya modifikasi audio karena hal tersebut memungkinkan untuk merusak sistem elektrikal (mobil) dan juga berpengaruh pada kinerja baterai,” ujar Reza.

Selain itu, modifikasi audio yang dilakukan di bengkel aksesoris bisa saja mengacak sistem kabel yang ada pada kendaraan. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan hangusnya garansi karena kemungkinan akan terdeteksi ketika dicek oleh perusahaan asal kendaraannya.

“Biasanya modifikasi audio ini kan dikerjakan oleh bengkel-bengkel aksesoris sehingga lifetime warranty (garansi) bisa hangus apalagi sudah acak-acak kabel,” tutur Reza.

Tak hanya Chery, Reza juga mengkonfirmasi bahwa kebijakan ini juga banyak diterapkan produsen kendaraan lain pada kebijakan garansi terutama pada garansi baterai mobil listriknya.

Contoh produk mobil listrik Chery seperti Omoda E5. Agar tetap menjaga garansi disarankan untuk rutin melakukan perawatan dan menggunakan part-part dari bengkel resmi.

Maka dari itu yang baru membeli mobil listrik harus pikir-pikir ulang untuk memodifikasi kendaraannya. Bisa berkonsultasi langsung dengan bengkel resmi mobil tersebut perihal komponen yang dapat dimodifikasi.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *