Mobil Baru Bisa di Dapatkan Dengan Gaji UMR ?

banner 468x60

NagabolaNews – Memiliki mobil merupakan mimpi bagi sebagian orang. Namun dengan gaji UMR (upah minimum regional), mobil seperti apa yang bisa didapatkan?

Handoko Liem selaku CEO Seva mengatakan gaji UMR masih bisa membeli mobil. Namun pilihannya terbatas.

“UMR kan beda-beda ya, kalau UMR Jakarta bisa Rp 5 juta sampai Rp 6 juta, dengan range segitu kita hitung pakai kalkulator kita mensyaratkan satu per tiga, jadi dengan Rp 2 juta angsuran dengan tenor 5 tahun itu mobil-mobil tertentu bisa, tergantung kombinasi tenor, DP, dan angsuran, jadi di Seva itu very clear,” kata Handoko Liem di Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

Misal dengan gaji maksimal Rp 5 juta, orang tersebut bisa gunakan maksimal 30 persen dari penghasilan untuk membayar cicilan mobil, sehingga setidaknya hanya bisa menggunakan sekitar Rp 1,5 juta untuk membayar cicilan.

Atau gaji maksimal Rp 6 juta, cicilan maksimal dari penghasilan yang bisa diambil adalah Rp 2 juta.

Namun cicilan tersebut bisa lebih kecil lagi jika menggunakan down payment (DP) lebih besar.

Dengan gaji UMR, bisa membeli mobil baru seharga Rp 100 jutaan. Model mayoritas adalah Low Cost Green Car (LCGC).
Misalnya gaji Rp 5 juta bisa membeli Daihatsu Ayla dijual Rp 136,8 juta. Dp 30 persen, cicilannya Rp 1.090.000 per bulan selama lima tahun.

Satu keunggulan Seva ialah memiliki Car Recommendation dan Loan Calculator, jadi pelanggan bisa mendapatkan informasi detail perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya. Jadi sebelum membeli mobil bisa mengukur kemampuan diri dulu.

Handoko Liem mengatakan kebanyakan konsumen dari Seva adalah first time buyer. Tahun lalu, Seva membukukan 16 ribu unit mobil.

“Intensi awal kita edukasi yang first time buyer, dan itu segmen market yang lebih besar,” kata dia.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *