Alasan Bastianini Abaikan Penalti

banner 468x60

NagabolaNews Enea Bastianini geram dengan keputusan steward yang memberinya hukuman penalti. Menurutnya penalti itu tak pantas didapatnya.

Enea Bastianini kesal bukan main dengan keputusan steward di MotoGP Catalunya. Dia bahkan menolak untuk menjalankan penalti yang dibebankan kepadanya. Diketahui rider Ducati Lenovo itu dikenakan penalti long lap, penalti double long-lap, dan ride-through penalti usai insiden dengan Alex Marquez. Namun tidak satupun penalti itu dijalankannya.

Read More
banner 300x250

Alhasil, Bastianini harus terima mendapat penalti 32 detik setelah bendera finis dikibarkan. Rekan setim Francesco Bagnaia itu harus rela turun 9 peringkat dan finis di posisi ke-18.

Dia mengungkap tidak ada peringatan apapun dashboard. Sekalipun ada, dia tetap tidak mau menjalankan penalti tersebut. Baginya, pada insiden itu tidak ada keuntungan yang didapat sekalipun memotong chicane sehingga catatan waktunya sedikit lebih cepat.

Pembelaan Bastianini

“Secara pribadi saya marah tapi tidak bisa menahannya. Alangkah baiknya jika kami melakukan sesuatu dan membuat perkataan pebalap lebih penting daripada hanya memikirkan soal regulasi. Persepsi dan feeling sudah tidak dianggap lagi sekarang, hanya aturan tertulis dan menurut saya itu tidak bisa diterima karena ada situasi di mana rasa kemanusiaan dibutuhkan,” ungkap Bastianini dilansir Motosan.

Bastianini mengatakan dirinya sempat menunggu Alex Marquez untuk memberi tahunya bahwa dia turun banyak posisi dan menolak menerimanya ketika hanya dirinya yang diganjar penalti.

Bastianini kemudian mengunjungi panel steward bersama bos Ducati Davide Tardozzi setelah balapan dan mengklaim agar insiden itu dipertimbangkan. Dia juga meminta agar penalti bisa dibatalkan. Dia juga menyebut timnya mendukung keputusan itu.

“Davide ada bersama saya dan Anda tahu, juga untuk semua tim, semua tim setuju dengan keputusan saya, memahami apa yang terjadi,” pungkas Bastianini.

Bastianini menyebut dirinya telah meminta Career Management untuk menonton ulang video yang membuatnya diganjar penalti itu. Mereka menonton langsung di depan Bastianini dan tidak mengatakan apapun.

“Tardozzi juga mengirimkan email setidaknya posisi bisa dikembalikan, namun mereka merespon tidak ada yang bisa dilakukan setelahnya. Yang membuat saya bingung adalah steward menganggap saya membuang-buang waktu, yang berarti mereka tidak memperhatikan,” lanjut Bastianini.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *