David Villa dan Sepatu Emas Euro 2008

banner 468x60

Nagabola News – Spanyol sedang bersiap untuk Euro 2024 di Jerman. Sebelum itu, tak ada salahnya kita melihat kembali salah satu tahun paling manis dalam sejarah La Furia Roja, yakni tahun 2008. Spanyol besutan Luis Aragones mengakhiri penantian panjang mereka di Euro 2008 Austria dan Swiss. Juara Euro 1964 itu sukses meraih gelar kedua mereka. Striker Fernando Torres mencetak gol penentu kemenangan 1-0 Spanyol atas Jerman di final. Itu adalah gol keduanya di Euro 2008. Selain trofi juara, Spanyol juga menyapu bersih penghargaan Pemain Terbaik dan top skor turnamen. Penghargaan Pemain Terbaik diraih oleh gelandang mereka, yakni Xavi. Sementara itu, penghargaan Sepatu Emas untuk top skor turnamen disabet oleh striker Spanyol lainnya, yaitu David Villa. Dia menjadi yang tertajam dengan torehan empat golnya.

David Villa di Euro 2008: 4 Laga, 4 Gol

David Villa waktu itu berusia 26 tahun dan bermain untuk klub Valencia. Dia hanya bermain dalam empat laga.

Villa bermain di dua laga pertama fase grup, yakni melawan Rusia dan Swedia. Dia juga bermain di perempat final lawan Italia, serta di semifinal kontra Rusia.

Villa duduk di bangku cadangan ketika melawan Yunani di laga terakhir fase grup, juga di final kontra Jerman. Namun, torehan gol Villa lebih banyak daripada pemain-pemain lainnya.

David Villa Hattrick vs Rusia, 1 Gol vs Swedia

Pada pertandingan pertamanya di Grup D, Spanyol berhadapan dengan Rusia. Spanyol menang 4-1.

Villa mencetak hattrick untuk Spanyol. Satu gol lainnya disumbangkan oleh Cesc Fabregas.

Pada pertandingan kedua, Spanyol menang 2-1 atas Swedia. Gol pembuka Spanyol lewat Torres menit 15 sempat dibalas oleh Swedia melalui Zlatan Ibrahimovic pada menit 34.

Laga itu sepertinya akan berkesudahan imbang. Namun, Spanyol menang dramatis berkat gol injury time yang dicetak oleh Villa.

Gol kontra Swedia itu adalah gol ke-18 Villa untuk Spanyol. Dia pensiun dengan 59 gol internasional atas namanya, dan sekarang masih memegang rekor sebagai top skor sepanjang masa Spanyol.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *