olahraga

Lima momen tak terlupakan pada upacara membuka Olimpiade Paris

DKI Jakarta – Upacara inisiasi Olimpiade Paris 2024 mengusung tema yang berbeda dengan mendobrak batasan juga menampilkan genre yang belum pernah ada sebelumnya, juga pertunjukan unik.

Selama upacara berlangsung terdapat momen-momen yang dimaksud tak terlupakan, mulai dari hujan yang digunakan mendadak mengguyur kota Paris, perpaduan klasik lalu modern, hingga kembalinya sang diva Celine Dion menjadi momen yang digunakan tak terlupakan.

Berikut lima momen tak terlupakan dari upacara inisiasi Olimpiade Paris 2024, seperti disiarkan AFP, Sabtu.

Hujan tak diundang
Orang pada balik layar upacara pembukaan, Thomas Jolly, manusia sutradara teater terkenal Prancis dengan cermat menciptakan koreografi pertunjukan yang dimaksud ditampilkan di tempat sepanjang tepi Sungai Seine.

Namun, ada satu faktor yang bukan dapat dikendalikan, yaitu cuaca. Upacara inisiasi diguyur hujan lebat pada musim panas pada Paris meskipun prakiraan cuaca menyatakan cuaca cerah yang terik.

Saat pasukan nasional dari berbagai negara berparade di area Sungai Seine dengan perahu, merek berjuang memanfaatkan situasi sebaik mungkin, dengan harapan bahwa kelembapan bukan akan berdampak pada kebugaran sebelum acara.

Pianis klasik Alexandre Kantorow basah kuyup ketika ia tampil di dalam jembatan Paris tanpa penutup apa pun, sementara pengguna media sosial menyatakan keprihatinannya melawan instrumennya yang tersebut juga tidaklah terlindungi.

Ironisnya, karya yang digunakan dimainkannya adalah "Jeux d'eau" ("Permainan Air") karya Maurice Ravel.

Comeback sang diva
Penyanyi Kanada Celine Dion yang dimaksud sedang berjuang melawan penyakit langka memproduksi comeback spektakuler dengan bernyanyi dari Menara Eiffel pada klimaks upacara pengaktifan Olimpiade dengan membawakan lagu "Hymn to Love" milik Edith Piaf.

Celine Dion menampilkan intonasi yang tersebut sempurna serta mencapai nada-nada dengan mudah, ia menyanyikan lagu Paris yang tersebut menawan pada waktu kuali Olimpiade yang dinyalakan oleh atlet lari paling berprestasi di tempat Prancis Marie-Jose Perec juga judoka peraih medali emas Olimpiade tiga kali Teddy Riner membubung ke langit Paris di area sebuah balon.

Siklus lalu Celine Dion bersumpah akan berjuang untuk pulih dari kondisi neurologis langka yang digunakan membuatnya tiada bisa saja tampil pada panggung.

Celine Dion pertama kali mengungkapkan penyakitnya itu pada Desember 2022 bahwa beliau didiagnosis menderita Stiff Person Syndrome, kelainan autoimun yang dimaksud tak dapat disembuhkan.

Karya klasik Prancis
Sekira 80 seniman kabaret terkenal Moulin Rouge menampilkan tarian cancan ikonik yang berasal dari era 1820-an, dengan kostum berwarna merah jambu yang tersebut dirancang khusus untuk acara tersebut.

Namun musik terkenalnya diberi sentuhan elektronik baru sebagai upaya memberikan sentuhan baru pada budaya klasik Prancis.

Saat pasukan nasional memulai parade menyusuri Sungai Seine, merekan diiringi oleh pemain akordeon — yang digunakan mengenakan pakaian khas Prancis merupakan baret juga kaus bergaris biru — yang digunakan berada di area berhadapan dengan jembatan.

Menentang diskriminasi
Muncul reaksi rasis pada media sosial kemudian kritik dari kelompok sayap kanan ekstrem ketika penyanyi Prancis dengan syarat Mali, Aya Nakamura, akan tampil pada upacara pembukaan.

Namun sebab Presiden Emmanuel Macron mendukung keterlibatannya, ia juga kelompok tarinya menyanyikan medley lagu hitsnya lalu lagu dari Charles Aznavour.

Ia mendapat dukungan dari para musisi Prancis lalu tampil dengan latar belakang bangunan Academie Francaise, akademi yang digunakan didirikan pada 1635.

Dalam karya Jolly pada upacara pengaktifan tersebut, 10 patung pejuang emansipasi wanita Prancis muncul dari perairan Sungai Seine di upaya untuk mengenang perjuangan mereka.

Musik elektro
Tidak ada yang digunakan bisa jadi mengatakan acara yang disebutkan kaku pada pemilihan musik dikarenakan upacara membuka menampilkan semua gaya mulai dari klasik, opera, pop, hingga elektro.

Upacara membuka yang disebutkan tidak ada mengandalkan kekuatan bintang dengan Lady Gaga tampil untuk menampilkan aula musik klasik Prancis juga bintang Prancis rapper Rim'K tampil.

Namun, mungkin saja sorakan terbesar datang dari band metal Prancis Gojira yang digunakan muncul di dalam Conciergerie, sebuah bangunan ikonik di Revolusi Perancis, pertama kalinya sebuah band metal muncul di area upacara pengaktifan Olimpiade.

Related Articles

Back to top button