olahraga

Upacara pengaktifan Olimpiade Paris dimulai dengan parade atlet pada Seine

Ibukota – Upacara membuka Olimpiade Paris dimulai pada hari terakhir pekan waktu setempat atau Hari Sabtu dini hari WIB, menjadi pertunjukan yang mana belum pernah terjadi sebelumnya dengan 7.000 atlet berparade menyusuri Sungai Seine melintasi monumen bersejarah di tempat ibu kota Prancis.

Untuk pertama kalinya pada sejarah Olimpiade, upacara membuka berlangsung di dalam luar stadion utama, dengan sekitar 300.000 orang menyaksikan secara dengan segera dari tribun yang digunakan dibangun khusus di dalam tepi sungai, dan juga 200.000 lainnya dari balkon lalu apartemen.

Sesuai tradisi, delegasi Yunani mendapat kehormatan mengawasi armada, sebagai tempat lahirnya aksi Olimpiade modern.

Dalam parade yang dimaksud ambisius kemudian berisiko tinggi berbeda dengan upacara pengaktifan sebelumnya, para atlet berlayar menyusuri sungai dengan armada yang terdiri dari 85 perahu.

Pertunjukan di upacara inisiasi Olimpiade memadukan budaya lalu sejarah Prancis juga momen-momen hebat Olimpiade di area masa lalu. Bintang pop Negeri Paman Sam Lady Gaga menjadi penampil pertama, memukau penonton di upacara tersebut.

Meskipun prakiraan cuaca akan turun hujan lebat serta serangan "sabotase" melumpuhkan jaringan kereta api berkecepatan tinggi Perancis pada hari terakhir pekan pagi, pengurus masih yakin dapat melaksanakan upacara membuka tersebut.

Ketua pelaksana Olimpiade Tony Estanguet sebelum pertunjukan menyatakan akan ada beberapa modifikasi jikalau hujan, namun ia menegaskan cuaca tiada akan mengempiskan suasana.

"Ini akan menjadi momen yang mana indah, ini akan menjadi pesta yang digunakan hebat," kata Estanguet, seperti disiarkan AFP, Hari Sabtu dini hari.

Antrean panjang

Antrean panjang terbentuk pada titik-titik akses pada sepanjang Sungai Seine beberapa jam sebelum parade dimulai.

Penonton harus menyeberangi pemindai dan juga pos pemeriksaan untuk mengamati panggung terapung serta jembatan yang tersebut dihiasi dengan bendera dan juga warna merah jambu lalu ungu khas Olimpiade.

"Suasananya benar-benar bersahabat," kata Jean-Yves Herve, pria Prancis berusia 75 tahun, yang tersebut menonton pertunjukan yang disebutkan sama-sama cucu perempuannya.

"Ada berbagai orang asing, kami menikmatinya. Ini adalah bagus untuk Prancis."

Operasi keamanan besar-besaran diadakan menjauhi upacara membuka Olimpiade, dengan garis keamanan didirikan di dalam sepanjang kedua tepi Sungai Seine.

Upacara pengaktifan Olimpiade dijaga oleh 45.000 polisi lalu petugas paramiliter, serta 10.000 tentara lainnya dan juga 22.000 penjaga keamanan swasta.

Penembak jitu polisi ditempatkan di tempat banyak titik gedung tinggi pada sepanjang sungai.

Related Articles

Back to top button