Sepak bola

Profil 3 Pemain Diaspora yang tersebut Ikut Seleksi Timnas U-17 Indonesia: Matthew Davis, Ocean Erwin Lim, dan juga Miroslav Fernando

Jakarta – Pelatih Nova Arianto memanggil 32 pemain untuk mengikuti seleksi Timnas U-17 Indonesia. Dari daftar yang digunakan dibagikan, ada tiga nama diaspora, yakni Matthew Davis, Ocean Erwin Lim, juga Miroslav Fernando.

Seleksi ini diselenggarakan sebagai persiapan Timnas U-17 Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Garuda Muda tergabung di grup G bersatu Australia, Kuwait, serta Kepulauan Mariana Utara. Pertandingannya akan berlangsung pada 19 serta 27 Oktober 2024.

Nova mengungkapkan proses seleksi rencananya akan dijalankan pada 5-7 Agustus dengan format dua gelombang juga sistem penawaran juga degradasi. “Rencana seleksinya yakni seperti biasa, kita mengadakan dua gelombang, ini kita mulai dalam tanggal 5 (Agustus), selesai pada tanggal 7, pasca itu ada pemasaran juga degradasi,” ucapnya disitir dari situs resmi PSSI.

“Ada beberapa pemain masuk lalu bertahan, pada tanggal 10 kita mengambil keputusan hasilnya dari seleksi kali ini yang digunakan akan bergabung dengan pemain di tempat AFF kemarin, serta akan melakukan TC lanjutannya nanti,” kata beliau menambahkan.

Profil 3 Pemain Diaspora Timnas U-17 Indonesia

1. Matthew Davis

Matthew Davis merupakan pemain selama klub Australia Subiaco AFC. Ia berposisi sebagai fullback kiri serta kanan. Walau begitu, beliau juga sanggup bermain sebagai gelandang tengah.

Pemain berpostur 180 cm itu mempunyai paspor Indonesia walaupun lahir di dalam Australia. Darah Indonesia mengalir pada tubuhnya berasal dari ibunya. Sementara ayahnya merupakan warga asli Inggris.

2. Ocean Erwin Lim

Ocean Erwin Lim merupakan pemain kelahiran Jakarta, 12 Mei 2008. Sebelum berkiprah dalam luar negeri, ia sempat mengikuti kompetisi amatir level kategori junior di area Tanah Air bertajuk Indonesia Junior League.

Satu fakta menarik tentang Erwin Lim adalah ia sebelumnya pernah mengikuti seleksi Timnas U-17 Indonesia asuhan Bima Sakti untuk persiapan Piala Planet U-17 2023. Namun, pemain yang tersebut pada masa kini menguatkan klub Spanyol FC Cardedeu itu akhirnya dicoret oleh sebab itu gagal memenuhi permintaan pelatih. Ia dengan empat pemain masyarakat migran lainnya, yakni Staffan Qabiel Horrito (Sant Cuggat FC Academy), Mahesa Ekayanto (FC Dordrecht), lalu Madri Augusta (AFC’34 Alkmaar) dipulangkan.

3. Miroslav Fernando

Miroslav Fernando merupakan pemain yang tersebut lahir pada 8 Agustus 2008. Sama seperti Erwin Lim, Fernando juga merupakan jebolan kompetisi Indonesia Junior League. Kala itu, beliau bermain untuk Akademi FU15 Bina Sentra.

Gelandang serang yang digunakan pada saat ini membela pasukan muda Atletico Madrid itu sebelumnya juga pernah mengikuti seleksi Timnas U-16 Indonesia untuk Piala AFF U-16 2024. Namun, beliau dicoret dikarenakan mengalami demam berdarah pada waktu menjalani pemusatan latihan dalam Yogyakarta.

PSSI, INDONESIA JUNIOR LEAGUE, ANTARA

Pilihan Editor: Penjelasan PSSI Soal Laga Kualifikasi Piala Planet 2026 Timnas Indonesia vs Australia 10 September Pindah ke GBK

Related Articles

Back to top button