Sepak bola

Ketua Umum PSSI Erick Thohir Penuhi Hasrat Shin Tae-yong Rekrut Pelatih Striker untuk Timnas Indonesia

TEMPO.CO, DKI Jakarta – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengonfirmasi kabar bahwa Shin Tae-yong ingin mendatangkan pembimbing pemain depan untuk Timnas Indonesia. Pelatih jika Korea Selatan itu ingin menambah kekuatan pada jajaran kelompok instruktur berdasarkan keperluan Skuad Garuda.

Media Korea Selatan, Sports Chosun, sebelumnya, melaporkan bahwa Shin Tae-yong merekrut Yeom Ki-hun untuk menjadi ahli striker di area Timnas Indonesia.  Erick Thohir mengakui bahwa PSSI sudah pernah memenuhi keinginan Shin Tae-yong itu.

PSSI, kata Erick, ingin menyokong keperluan Timnas Indonesia yang tersebut dianggap masih tumpul di dalam lini serang. “Ya memang sebenarnya untuk meningkatkan kualitas timnas kita, harus menguatkan tim. Ya kedokteran, medis, pelatih,” ucap ia pada Selasa, 6 Agustus 2024.

“Kalau pelatih, salah satu kelemahan kita (Timnas Indonesia) ketika bermain beberapa kali, misalnya lawan Irak, kita mengepung tapi enggak dapat cetak gol. Sedangkan di tempat fase kedua kita kebobolan dua kali. Jadi memang benar bagaimana meningkatkan kualitas dari kiper lalu striker, ya dengan instruktur yang tersebut tambahan baik,” kata Erick.

“Pelatih penjaga gawang kita baik, sekarang Shin Tae-yong menambah pembimbing untuk striker,” ujar laki-laki yang tersebut juga menjabat sebagai menteri badan bidang usaha milik negara itu menambahkan.

Adapun menurut Sports Chosun, Yeom Ki-hun, mendapatkan tawaran dengan segera membantu dalam Timnas Indonesia dari Shin Tae-yong pada Juli 2024. Keduanya tercatat pernah bekerja mirip dalam Timnas Korea Selatan pada 2017-2018. Namun Yeom Ki-hun masih sebagai pemain, dilatih Shin Tae-yong.

Sementara itu lini depan Garuda memang benar sempat menjadi hambatan yang disorot oleh pembimbing selama Korea Selatan yang dimaksud pada Juni 2024. “Jujur saya tiada mampu memberi nilai baik untuk lini depan. Memang dia harus evaluasi diri dengan baik,” kata Shin Tae-yong usai lawan Timnas Filipina.

Timnas Indonesia punya beberapa instruktur selama Korea Selatan yang digunakan membantu Shin Tae-yong yaitu Choi In-cheol, Jo Byung-guk, Kim Bong-soo, dan juga Yoo Jae-hoon. Yeom Ki-hun punya latar belakang sebagai striker serta meningkatkan kekuatan Timnas Korea Selatan pada periode 2006 sampai 2018.

Pada level klub, membela berbagai regu negaranya, 11 tahun di dalam Suwon Samsung Bluewings lalu meraih kemenangan Kompetisi Champions Asia 2006. Sebelum merapat ke Timnas Indonesia, Yeom Ki-hun juga sudah ada menanggalkan jabatannya sebagai pembimbing Suwon Samsung Bluewing di area K League 2.

PSSI Rancang Laga Persahabatan Timnas Indonesia untuk Semua Usia Lawan Belanda

Related Articles

Back to top button