Sepak bola

Klarifikasi PSSI Soal Laga Kualifikasi Piala Planet 2026 Timnas Indonesia vs Australia 10 September Pindah ke GBK

Jakarta – Kompetisi Timnas Indonesia vs Australia pada putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia pada 10 September 2024 yang dimaksud semula dijadwalkan di area Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dipindah ke Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. 

Timnas Indonesia sebelumnya berniat menjamu Australia di area GBK. Namun, PSSI kemudian menggunakan GBT sebagai alternatif utama oleh sebab itu ada rencana kedatangan Paus Fransiskus pada September. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menjelaskan alasan GBK kembali diajukan kembali sebagai venue untuk pertandingan kualifikasi Piala Global 2026 melawan Australia. Ia menyatakan pihaknya sekarang intens berbicara dengan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) juga juga telah berbicara dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait pemilihan GBK.

“Kita sekarang intens banget koordinasi dengan GBK kemudian meninjau kesempatan dari GBK untuk dipakai sebagai venue untuk round 3 melawan Australia pada 10 September,” kata Arya terhadap awak media, Selasa.

“Kami telah mengajukannya ke AFC juga sehingga kemungkinan besar Australia dapat informasi dari AFC ya masalah lapangan tersebut. Tapi, kemarin kita telah kunjungan ke GBK juga dia lagi progres terus untuk memperbaiki rumput kita,” kata ia menambahkan.

Pemindahan tempat pertandingan diinformasikan oleh Federasi Sepak Bola Australia melalui akun resmi Instagram pada Selasa, 6 Agustus 2024. “Perubahan tempat. Laga Kualifikasi Ronde 3 Piala Planet 2026 kami sekarang akan dimainkan di area Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta,” tulis dari akun resmi Instagram @socceroos, Selasa.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Arya Sinulingga memberikan keterangan untuk wartawan usai mengunjungi acara PSSI Pers di tempat Jakarta, Selasa, 6 Februari 2024. ANTARA/Aloysius Lewokeda

Lebih lanjut, Arya menuturkan bahwa pihak GBK dikabarkan akan mencari rumput tertentu dalam wilayah Jawa untuk dapat dipakai secepatnya untuk memperbaiki lapangan sehingga bisa saja dipakai. “Untuk teknisnya tanya secara langsung ke GBK.”

Arya mengungkapkan alasan kembali memilih GBK untuk tempat pertandingan lantaran pihaknya ingin memberikan ruang lebih banyak besar bagi suporter untuk menggalang di tempat stadion.

“Kenapa ke GBK akibat kita ingin memberikan ruang-ruang besar untuk suporter kemudian penonton supaya secara kapasitas bisa saja menonton di dalam GBK lantaran di dalam sana mampu sampai 75.000 kapasitasnya,” ujarnya. 

“Dengan itu kita harapkan makin sejumlah orang yang digunakan berpartisipasi. Jadi satu sisi tambahan ke persiapan teknis lalu kedua adalah sebab kita ingin jumlah agregat orang yang tersebut nonton itu berbagai kalau di tempat GBK,” ujarnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada laga perdana putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia pada hari terakhir pekan dinihari WIB, 6 September mendatang, sebelum menjamu Australia empat hari kemudian.

Related Articles

Back to top button