Sepak bola

Polemik Naturalisasi, Cristian Gonzales: Banyak Pengorbanan Bela Timnas Indonesia

Cristian Gonzales angkat bicara tentang polemik pemain naturalisasi yang tersebut membela Timnas Indonesia . Dia menegaskan status pemain naturalisasi tak mengubah pikirannya untuk tidaklah memberikan yang tersebut terbaik buat Timnas Indonesia.

“Naturalisasi bukan gampang berbagai pengorbanan agar mampu membela timnas kemudian bermain dengan hati pada waktu membela Timnas Indonesia setiap saat saya berikan dalam setiap pertandingan,” tulis Gonzales dikutipkan dari akun Instagram pribadinya (@el_locogoliadorcg10_), Hari Jumat (13/9/2024).

Timnas Indonesia belakangan dikritik sebab terlalu banyak menyertakan pemain naturalisasi. Salah satu kritikan itu dilayangkan mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter Gontha.


Peter Gontha bahkan menuding beberapa orang pemain naturalisasi mempunyai paspor ganda, sehingga mereka akan kembali ke negara selama ketika sudah ada selesai membela Timnas Indonesia. Namun, tudingan ini dibantah oleh Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

“Pemain kelompok etnis yang tersebar di berbagai negara itu punya darah Indonesia. Bahkan ada bapak atau ibunya itu orang Indonesia. Maluku, Manado asli. Kok bisa jadi mempertanyakan dia lalu kebangsaan. Mereka telah kami urus sesuai hukum kita. Mereka dapat warga negara, kemudian dibawa ke FIFA, pindah federasi,” kata Arya Sinulingga dalam TikTok pribadinya.

“Ada tadi nanya-nanya paspornya. Ketika masuk Indonesia pakai paspor Indonesia, meninggalkan juga paspor Indonesia. Udah lah ga usah bikin kontroversi yang tersebut engga bener,” imbuh Arya.

Related Articles

Back to top button