teknologi

iPhone 16 vs iPhone 15, Hal ini Perbandingan Fitur Barunya

JAKARTA – Setiap September, Apple merilis jajaran komoditas baru, termasuk iPhone 16 kemudian 16 Plus yang mana siap pre-order pekan ini. Jika harus memilih antara seri iPhone 16 dan iPhone 15 , cermati ciri barunya terlebih dahulu.

Slash Gear melansir, Kamis (12/9/2024) tampilan iPhone 16 dilengkapi dengan kamera yang mana disusun secara vertikal. Kamera Fusion memiliki kekuatan 48 megapiksel yang tersebut mampu mengambil foto sudut lebar serta kualitas gambar yang dimaksud lebih tinggi baik.

iPhone 16 standar juga hadir di warna yang tersebut memukau, seperti hitam, putih, merah muda, teal, kemudian ultramarine. iPhone 16 lalu iPhone 16 Plus dibanderol dengan nilai tukar USD799 atau Rp12,3 jt dan juga USD899 atau Rp13,8 jt masing-masing memiliki 128 GB penyimpanan internal.

Selanjutnya, iPhone 15 kemudian 15 Plus mengalami penurunan tarif sebesar 100 dollar Amerika Serikat — tetapi berbagai peningkatan lainnya yang mana hadir dengan model yang digunakan lebih lanjut baru mungkin saja cuma sepadan dengan biaya tambahan.

Chip A18 dua generasi lebih besar baru

Pembaruan teknis terbesar untuk iPhone tahun ini, yaitu SoC A18 internal Apple. Kali ini, teknologinya dua generasi lebih tinggi baru kemudian memberikan kinerja CPU 30% lebih lanjut baik daripada chip A16 Bionic yang dimaksud ditemukan dalam iPhone 15 lalu 15 Plus.

Chip A18 juga menikmati dukungan untuk ray tracing yang mana ditingkatkan kecepatannya perangkat keras sehingga menghasilkan kembali kinerja GPU hingga 40%. Apple memberikan frame rate lima kali lebih lanjut baik dibandingkan dengan ray tracing berbasis perangkat lunak. Berkat ini, iPhone 16 kemudian 16 Plus juga mendapatkan akses ke AAA yang digunakan sebelumnya hanya sekali didukung pada model iPhone 15 Pro.

Secara sederhana, iPhone 16 menawarkan kinerja jarak jauh tambahan baik daripada pendahulunya. Jika bermain game mobile menjadi prioritas utama, maka memilih iPhone yang lebih banyak baru dapat bernilai ekstra, teristimewa pada jangka panjang. Chip A18 juga membuka pintu untuk layanan andalan berikutnya dari iPhone 16, yakni Apple Intelligence.

iPhone 16 menyokong Apple Intelligence

Meskipun baru berumur satu tahun, model iPhone 15 lalu 15 Plus biasa tiada akan dapat membanggakan sejumlah fasilitas dengan Apple Intelligence. Cara terbaik untuk menikmati fasilitas Artificial Intelligence di tempat iPhone, ketika ini melalui perangkat iPhone 16 dan juga 16 Plus yang dimaksud baru. Khususnya layanan Alat Penulisan memungkinkan untuk cepat menata ulang, mengoreksi, atau meringkas teks dengan upaya minimal. Program Foto pada iOS 18 menawarkan hasil pencarian yang dimaksud lebih besar baik. Alat Bersihkan yang digunakan baru pada iPhone 16 juga menggunakan AI, memungkinkan untuk menghilangkan objek yang dimaksud bukan diinginkan atau pengganggu foto pada gambar.

Apple Intelligence juga menyederhanakan notifikasi, kemudian Apple Intelligence telah lama meningkatkan Siri, juga — membuatnya lebih lanjut sadar konteks daripada sebelumnya. Fitur yang tersebut lebih tinggi menyenangkan termasuk Image Playground lalu Genmoji, keduanya memungkinkan pengguna untuk menciptakan gambar atau emoji menggunakan prompt khusus.

Meskipun fitur-fitur ini semata kemungkinan besar tiada menjamin peningkatan dari iPhone 15, dia yang memutuskan antara dua generasi kemungkinan besar ingin mempertimbangkan iPhone 16 — lantaran Apple Intelligence akan tetap memperlihatkan ada.

iPhone 16 mendapatkan dua tombol baru

Selain penambahan tombol Action yang dimaksud dapat melakukan hampir semua hal, jajaran iPhone 16 hadir dengan Camera Control, input yang dimaksud sepenuhnya baru terletak pada bawah tombol daya. Seperti namanya, tombol kamera ini akan cepat meluncurkan aplikasi mobile kamera kemudian mengambil foto dengan satu klik, atau video dengan menekan lama.

Related Articles

Back to top button