teknologi

HP Lipat Huawei Mate XT Banjir 3 Juta Preorder, Saingi Peluncuran iPhone 16!

JAKARTA – Tampaknya pengguna smartphone di dalam China sudah ada berpaling dari Apple. Buktinya, merekan lebih lanjut antusias menyambut HP terbaru Huawei daripada iPhone 16 yang baru cuma dirilis.

Huawei mengaku telah terjadi menerima tambahan dari 3 jt preorder untuk smartphone terbarunya, Mate XT, yang dimaksud kebetulan bertepatan dengan peluncuran iPhone 16 oleh Apple.

Smartphone lipat tiga Huawei, Mate XT, telah terjadi dipesan lebih tinggi dari 3,18 jt unit sejak 7 September, menurut situs web mereka. Mate XT akan resmi diperkenalkan pada hari Rabu (11/9/2024), kata Richard Yu, direktur eksekutif Huawei, di dalam Weibo.

Sementara itu, Apple baru hanya memperkenalkan iPhone 16 pada hari Selasa (10/9/2024) dini hari, yang mana dilengkapi dengan kecerdasan buatan generatif baru mereka, Apple Intelligence.

Huawei Makin Berjaya di area China

Sejak merilis seri smartphone Mate 60 Pro pada Agustus lalu, Huawei telah dilakukan mengungguli Apple pada bursa China. Pada bulan April, perusahaan yang dimaksud melaporkan peningkatan laba untuk kuartal keempat berturut-turut, menunjukkan ketahanannya terhadap sanksi AS.

Di sisi lain, transaksi jual beli iPhone Apple turun 19% selama periode yang dimaksud sejenis – kinerja terburuknya di dalam China sejak awal pandemi Virus Corona pada 2020. Pangsa bursa smartphone Apple di area China juga turun dari 19,7% menjadi 15,7% pada kuartal pertama 2024.

Apple bahkan harus memotong nilai beberapa model iPhone pada lingkungan ekonomi China dikarenakan persaingan semakin ketat dengan Huawei dan juga produsen smartphone lokal lainnya.

Pasar Smartphone China Terus Tumbuh

Pengiriman smartphone di tempat China meningkat 8,9% dari tahun ke tahun pada kuartal kedua tahun ini, dipimpin oleh peningkatan dua digit dari perusahaan lokal termasuk Huawei, Vivo, dan juga Xiaomi, menurut International Informasi Corporation.

Pertumbuhan ini memacu Apple meninggalkan dari lima besar ke kedudukan keenam – dan, meskipun ada pemotongan harga, produsen iPhone ini mengalami penurunan 3,1% dari tahun ke tahun, menurutdatatersebut.

Related Articles

Back to top button