Sepak bola

Daftar negara yang dimaksud belum pernah juara Copa America

Ibukota Indonesia –

Copa America yang diadakan pertama kali pada 1916, sudah melahirkan juara dari berbagai negara yang bergabung dan juga pada kompetisi ini. Argentina serta Uruguay bahkan dapat menyegel peringkat juara sebanyak 16 serta 15 kali untuk menjadi pengoleksi gelar terbanyak.

Selain Argentina lalu Uruguay, terdapat negara lain yang pernah menghadirkan pulang piala Copa America antara lain Brasil dengan sembilan piala, Paraguay, Chile, Peru yang masing-masing dua gelar. Adapun Kolombia serta Bolivia baru mengungguli satu trofi saja.

 

Namun, tiada semua negara partisipan dan juga negara undangan mampu meraih kejayaan dalam kompetisi ini.

 

Berikut daftar negara-negara yang digunakan belum pernah menjuarai Copa America sejak pertama kali diselenggarakan:

 

1. Ekuador

 

Ekuador merupakan salah satu dari 10 anggota CONMEBOL yang belum pernah mengangkat trofi Copa America. Sejak debut pada tahun 1939, Ekuador belum mampu mengukir namanya pada piala bergengsi ini.

 

Prestasi terbaik merek adalah mencapai semi-final pada tahun 1993 ketika dia menjadi tuan rumah turnamen.
2. Venezuela
Sama halnya dengan Ekuador, Venezuela juga belum pernah mencicipi gelar kejuaraan juara Copa America. Tim ini terus mencoba memperbaiki performanya di tempat pertandingan internasional, namun masih harus mengawaitu untuk bisa saja menjadi yang terbaik pada Amerika Selatan.

 

Meskipun sepak bola bukanlah olahraga utama di dalam negara ini, Venezuela sudah pernah menunjukkan perkembangan pesat pada beberapa dekade terakhir.
Pencapaian terbaik mereka itu terjadi pada tahun 2011, ketika mereka itu berhasil mencapai semifinal serta finis pada sikap keempat.

Negara undangan dari zona Concacaf
​​​​​​​
Selain negara-negara dari Amerika Selatan, beberapa negara diundang (undangan) untuk berpartisipasi pada Copa America dan juga belum pernah menjuarai kompetisi ini, di area antaranya:

 

1. Meksiko
Sebagai pasukan undangan yang dimaksud banyak berpartisipasi, Meksiko telah terjadi mencapai final pada 1993 serta 2001 tetapi belum pernah mengungguli gelar kejuaraan juara Copa America.

 

2. Honduras
Honduras juga pernah diundang untuk berpartisipasi di Copa America, namun belum pernah mencapai sikap juara.

 

3.Jamaika
Jamaika, sebagai salah satu negara undangan dari Karibia, masih belum mampu meraih peringkat juara di dalam kompetisi Copa America.

 

4.Panama

 

Meskipun miliki kelompok yang digunakan kompetitif pada eranya, Panama masih belum berhasil menjuarai kompetisi Copa America.

 

5. Kosta Rika
Kosta Rika, sebagai salah satu negara kuat dalam CONCACAF, belum pernah meraih trofi Copa America meskipun beberapa kali diundang untuk berpartisipasi.

 

6. Amerika Serikat

Kendati dua kali menjadi tuan rumah Copa America pada 2016 serta 2024, namun Amerika Serikat belum pernah meraih peringkat juara.

7. Haiti
Haiti, yang tersebut beberapa kali berpartisipasi sebagai negara undangan, tetapi belum pernah menjadi negara undangan yang tersebut meraih tempat teratas di tempat kejuaraan ini.

Negara kontestan undangan bukanlah dari Wilayah Amerika

 

1. Qatar
Qatar sebagai negara Asia di area luar benua Amerika memang sebenarnya pernah berlaga di tempat Copa America 2019. Namun negara kaya minyak itu cuma berstatus sebagai partisipan fase grup oleh sebab itu menempati tempat terbawah.
 
2. Jepang
Selain Qatar, Jepang pernah mencicipi ketatnya sepak bola di dalam Kontinen Amerika pada 1999 juga 2019. Pada dua edisi itu Negeri Matahari Terbit tiada mampu lolos dari fase grup.
 
3. Australia
Australia pernah berstatus negara undangan untuk Copa America 2021 yang digunakan tergabung di grup dengan Bolivia, Uruguay, Paraguay, Chile dan Argentina. Namun Australia membatalkan keterlibatannya karena pandemi Wabah juga jadwal yang bertabrakan dengan Kualifikasi Piala Bumi 2022 lalu Kualifikasi Piala Asia 2023.
 

Related Articles

Back to top button