teknologi

Huawei Perilisan Ponsel Lipat Tiga Layar, Harganya Rp50 Juta

JAKARTA Huawei secara resmi meluncurkan ponsel lipat pertama pada dunia, Mate XT. Kekhasannya terletak pada tiga layar lalu engsel ganda.

Albawaba melansir, Hari Jumat (13/9/2024) peluncuran ini diadakan untuk menguatkan posisinya sebagai pemimpin pangsa ponsel pintar dan juga menyaingi Apple yang mana baru hanya meluncurkan iPhone 16. Desain engsel ganda yang terbalik membentuk huruf “Z”, sehingga Mate XT dapat digunakan di beberapa konfigurasi.

Saat dikompresi, layar OLED-nya berukuran 6,4 inci, mirip dengan ponsel layar tunggal konvensional, dan juga pada waktu ini layar diperbesar menjadi berukuran 10,2 inci.

Desain ini ternyata menarik perhatian. Walhasil, lebih banyak dari 4 jt pre-order sudah dilakukan. Perusahaan Berita Reuters melansir, data dari firma riset IDC menunjukkan sekitar 4 jt ponsel lipat terjual secara global pada kuartal kedua tahun ini. Namun, menurut Bloomberg, bilangan ini tidak ada akurat akibat sistem reservasi cuma memberi tahu pelanggan tentang cara membeli ponsel ketika dirilis nanti bulan ini, pada hari yang dimaksud sebanding dengan iPhone 16, tanpa memerlukan deposit atau pembayaran muka.

Model dasar Mate XT dengan kapasitas 256GB dibanderol seharga 2.800 dollar Amerika Serikat atau Mata Uang Rupiah 43,1 juta. Sementara model 512GB dibanderol 3.089 dollar Amerika Serikat atau Simbol Rupiah 47,6 juta. Sedangkan model 1TB seharga 3.370 dollar Amerika Serikat atau Rupiah 52 juta. Semua tipenya dilengkapi dengan memori RAM 16GB.

Acara peluncuran Mate XT tidak ada memberikan informasi tentang chip yang dimaksud digunakan untuk menggerakkan perangkat ini, sehingga banyak orang berpendapat bahwa tidaklah ada pembaharuan baru lalu tarif yang dimaksud tinggi tidaklah akan memberikan peningkatan performa yang dimaksud signifikan.

Ponsel ini mempunyai akumulator 5.600mAh kemudian membantu pengisian daya kabel 66W atau nirkabel 50W. Kamera utama 50-megapiksel, kamera ultrawide 12-megapiksel, serta kamera periskop 12-megapiksel terletak dalam bagian belakang. Ketika dibuka, kamera selfie hole-punch 8-megapiksel terletak dalam layar paling kiri.

“Hari ini kami mempersembahkan hasil yang mana semua orang bisa saja pikirkan tetapi bukan dapat dibuat. Tim kami telah dilakukan bekerja keras selama lima tahun kemudian tidaklah pernah menyerah,” kata Richard Yu, direktur eksekutif Huawei, pada waktu acara peluncuran.

“Hari ini kami akan sekali lagi menulis ulang sejarah industri, mengubah fiksi ilmiah menjadi kenyataan, kemudian mengatur era baru perangkat lipat,” tambahnya.

Huawei belum mengungkapkan rincian ketersediaan Mate XT di dalam luar bursa China.

Related Articles

Back to top button