olahraga

Mengenal Penyerang Chelsea Noni Madueke

Jakarta – Chelsea meredam perlawanan regu tuan rumah Wolverhampton Wanderers dengan skor telak 6-2 pada pekan kedua Kejuaraan Inggris, Minggu, 25 Agustus 2024. Setelah pertandingan itu, penyerang sayap Chelsea, Noni Madueke menjadi sorotan, sebab beliau menciptakan trigol atau hattrick di waktu 14 menit pada sesi kedua (menit ke-49, 58 lalu 63). 

“Itu tentang bermain pintar serta mengawaitu datangnya ketika yang mana tepat,” kata Madueke, diambil dari situs web Chelsea pada Senin, 26 Agustus 2024. “Gol pertama saya mungkin saja sedikit beruntung. Namun untuk gol kedua dan juga ketiga, itu berasal dari umpan Cole Palmer yang brilian. Saya hanya sekali perlu berlari lalu mengeksekusinya. Meski saya lakukan dengan kaki lemah saya (kanan) penyelesaian-penyelesaian itu bagus,” kata Madueke.

Tentang Noni Madueke

Dikutip dari situs web Chelsea, Noni Madueke bernama lengkap Chukwunonso Tristan Madueke pada 10 Maret 2002. Ia mengawali perjalanan sepak bolanya pada London. Madueke lahir di area Barnet,  daerah di area utara London. Pada usia sembilan tahun, ia bergabung dengan Crystal Palace, klub sepak bola profesional pada selatan London. Tiga tahun kemudian, ia pindah ke akademi Tottenham Hotspur.

Di Tottenham, Madueke menunjukkan performa yang digunakan sangat menjanjikan. Ia mencetak 25 gol di 22 pertandingan pada musim pertamanya lalu menjadi kapten regu U-16. Madueke naik ke kelompok U-18 pada usia 15 tahun. 
Pada 2018, Madueke bergabung dengan PSV Eindhoven di area Belanda. Di sana, ia secara langsung bermain untuk kelompok U-19 arahan ahli Ruud van Nistelrooy.

Penampilan mengesankan dua pada musim 2019-2020 membuatnya dipromosikan ke Jong PSV, regu cadangan PSV yang mana bermain dalam divisi kedua Belanda. Dalam lima pertandingan, Madueke mencetak empat gol dan juga memberikan satu assist.

Pada usia 17 tahun, ia mendapat kesempatan bermain di tempat kelompok utama PSV, termasuk debutnya melawan Groningen pada Maret 2020. Ia bermain sebanyak 32 kali, termasuk 24 pertandingan di dalam Eredivisie juga tujuh di tempat Kompetisi Europa. Madueke mencetak gol pertamanya di area kelompok senior PSV pada pertandingan kedua musim itu melawan Emmen, disertai delapan gol tambahan selama kampanye tersebut. Ia juga mencatatkan dua gol di area fase kualifikasi Kompetisi Champions.

Pada musim 2021-2022, Madueke mencetak dua gol pada kualifikasi Kejuaraan Champions serta total sembilan gol di tempat semua kompetisi. Salah satu pencapaian terbesarnya adalah mencetak dua gol pada kemenangan 4-0 menghadapi Ajax di area Johan Cruyff Shield, pertandingan yang tersebut setara dengan Community Shield di area Belanda. Meskipun mengalami cedera yang mana menghambat penampilannya di tempat akhir musim, Madueke tetap saja memberikan kontribusi.

Pada Januari 2023, Noni Madueke bergabung dengan Chelsea. Ia debut sebagai pengganti pada pertandingan melawan Fulham, kemudian mendapat kesempatan untuk tampil reguler. Gol pertamanya untuk Chelsea di pertandingan melawan Arsenal pada Mei 2023, pasca menjalani beberapa pertandingan dengan status sebagai pemain pengganti.

Di musim 2023-2024, Madueke mencetak gol dari penalti pada pertandingan Carabao Cup melawan AFC Wimbledon lalu kembali menjadi pahlawan dengan mencetak gol penentu kemenangan di tempat menit ke-89 melawan Crystal Palace. Madueke juga mencatatkan gol penting di tempat FA Cup pada waktu melawan Leicester City dan juga tampil konsisten di area sisi kanan lapangan.

Karier Internasional Noni Madueke

Di tingkat internasional, Madueke sudah menunjukkan potensinya dengan tampil untuk Inggris di tempat level U-16, U-17, kemudian U-21. Ia menjadi bagian dari regu Inggris U-21 yang mana meraih peringkat juara Eropa pada musim panas 2023. Di kompetisi tersebut, Madueke tampil dalam setiap pertandingan kemudian hampir mencetak gol di tempat final melawan Spanyol.

Madueke juga tampil mengesankan di area kualifikasi Kejuaraan Eropa U-21 2024 dengan mencetak enam gol di tujuh pertandingan, membantu Inggris melaju ke sesi play-off untuk kejuaraan tersebut.

ARKHELAUS WISNU TRIYOGO

Related Articles

Back to top button