teknologi

Musim Kemarau, Waspada Bahaya Ponsel Meledak

JAKARTA – Bulan Juli kemudian Agustus yang digunakan panas tak belaka berpengaruh ke manusia serta hewan. Alat elektronik seperti ponsel juga sanggup mengalami kehancuran apabila diletakkan sembarangan. Bahkan perkara ponsel terbakar atau meledak sanggup terjadi.

Di musim kemarau seperti sekarang, penting untuk memperhatikan suhu smartphone. Hanya di beberapa menit pada bawah sinar matahari, ponsel bisa jadi menjadi sangat panas, yang digunakan dapat menyebabkan bencana. Baterai rusak bahkan dapat terbakar.

Suhu tinggi mengancam barang-barang elektronik, teristimewa ponsel. Perbaikan suhu secara mendadak dapat memiliki konsekuensi serius.

Dilansir dari Essanews, Kamis (1/8/2024) penting untuk memperhatikan petunjuk keselamatan dasar untuk melindungi smartphone. Pertama juga terpenting, hindari memaparkan perangkat secara dengan segera ke sinar matahari yang intens. Tidak disarankan untuk meninggalkan ponsel, laptop, atau perangkat lain di dalam bawah sinar matahari terbuka.

Suhu tinggi dan juga sinar matahari dengan segera dapat menyebabkan perangkat elektronik terlalu panas. Efeknya dapat sangat bervariasi, termasuk penurunan kinerja, deformasi casing plastik, atau kehancuran pada layar.

Baterai sangat rentan—kelebihan panas dapat memperpendek masa pakai, menghurangi kapasitas, lalu menyebabkan kebocoran atau ledakan kimia. Cara termudah untuk mengurangi hal ini adalah dengan mengempiskan paparan terhadap sinar matahari.

Smartphone juga harus dilindungi di tempat pada mobil. Pada hari-hari panas, interior kendaraan cepat panas, khususnya pada dashboard. Meninggalkan perangkat di kondisi seperti itu dapat merusak serta menyebabkan ledakan sel serta kebakaran. Penting untuk memperhatikan suhu ponsel. Misalnya, pada waktu menggunakannya untuk navigasi—pastikan ventilasi udara dingin juga diarahkan ke ponsel.

Setelah parkir, ada baiknya menyebabkan ponsel demi keamanan. Peralatan yang lebih lanjut besar, seperti laptop, dapat ditempatkan pada bagasi, dalam mana merekan bukan akan terkena sinar matahari langsung. Jika mengalami perangkat terlalu panas, matikan untuk menghindari kerusakan lebih banyak lanjut. Kemudian, tunggu hingga suhu turun ke tingkat yang aman sebelum menyalakannya kembali.

Related Articles

Back to top button