olahraga

Olimpiade Paris dibuka dengan defile bersejarah

Ibukota – Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka dengan defile bersejarah yang tersebut belum pernah terjadi sebelumnya pada mana sebanyak 7.000 atlet berparade di dalam menghadapi Sungai Seine dengan menggunakan kapal kemudian menyeberangi monumen bersejarah di tempat ibu kota Prancis pada Hari Jumat (26/7) di malam hari waktu setempat.

Untuk pertama kalinya di sejarah Olimpiade, upacara membuka diadakan di tempat luar stadion utama, dengan sekitar 300.000 orang menyaksikan segera dari tribun yang tersebut dibangun khusus di area tepi sungai, kemudian 200.000 lainnya dari balkon kemudian apartemen yang digunakan menghadap ke sungai, demikian diambil dari AFP.

Sebagai tradisi, delegasi Yunani mendapat kehormatan menjadi pemimpin armada sebagai penghormatan untuk negara yang digunakan menjadi tempat lahirnya Olimpiade.

Para atlet berlayar di area sungai dengan armada yang dimaksud terdiri dari 85 perahu, meskipun sempat terjadi ancaman teror melalui sabotase kereta cepat juga risiko hujan lebat berdasarkan prakiraan cuaca.

Pertunjukan ini memadukan budaya dan juga sejarah Prancis dengan momen-momen besar Olimpiade masa lalu, sementara bintang pop Negeri Paman Sam Lady Gaga memukau kerumunan VIP lalu penonton dengan penampilan awalnya di upacara tersebut.

Ketua pengurus Olimpiade, Tony Estanguet, menyatakan sebelum pertunjukan bahwa akan ada beberapa modifikasi jikalau cuaca basah, tetapi ia menegaskan cuaca tak akan mengempiskan semangat.

"Ini akan menjadi momen indah, ini akan menjadi pesta besar," tambahnya.

Bintang NBA LeBron James, yang dimaksud akan menjadi salah satu pembawa bendera Tim Amerika Serikat sama-sama bintang tenis dengan syarat Amerika Serikat Coco Gauff, terlihat dipakaikan ponco plastik bening untuk melindunginya dari hujan sebelum kelompok naik ke perahu.

Seorang wartawan melintasi jembatan yang dimaksud digunakan untuk penonton jelang inisiasi Olimpiade Paris 2024 dalam Paris, Prancis, Kamis (26/7/2024). Pembukaan Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung dengan parade defile kontingen pada berhadapan dengan kapal menyusuri Sungai Seine sejauh 6 km dari jembatan Austerlitz menuju Trocadero, dekat Menara Eiffel. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.

Sekitar 3.000 penari akan tampil dari tepi sungai juga monumen, termasuk katedral Notre-Dame, di pertunjukan yang digunakan akan memasarkan keberagaman, kesetaraan gender, juga sejarah Prancis.

Landmark juga arsitektur Perkotaan Cahaya akan menjadi latar belakang baik untuk pertunjukan upacara pembukaan, dan juga berbagai cabang olahraga setelahnya.

Visi Paris adalah untuk Olimpiade yang tersebut tambahan hemat biaya dan juga tidaklah mencemari lingkungan dibandingkan edisi sebelumnya, dengan kompetisi yang tersebut akan berlangsung di tempat lokasi bersejarah di dalam sekitar ibu kota.

Selanjutnya: Antrian Panjang

Related Articles

Back to top button