teknologi

Pasar Tablet Global Tumbuh 18 Persen, Kenaikan Terbesar Setelah Pandemi

JAKARTA – Pengiriman tablet di area seluruh dunia meningkat sebesar 18% pada kuartal kedua 2024 dibandingkan tahun lalu (Year on Year). Jumlahnya mencapai 35,9 jt unit. Demikian menurut data terbaru dari Canalys.

“Industri tablet di dalam semester pertama 2024 sangat positif. Sisa tahun ini akan tambahan santai setelahnya tahun 2023 yang tersebut sulit,” kata Analis Canalys, Kieren Jessop.

Apa faktor orang beli tablet?

Pasar Tablet Global Tumbuh 18 Persen, Kenaikan Terbesar Setelah Pandemi

“Lonjakan perdagangan tablet ini mirip yang tersebut terjadi selama pandemi. Inovasi tambahan seperti teknologi layar serta fungsionalitas Teknologi AI terintegrasi menarik minat konsumen, khususnya untuk tablet premium,” ujar Kieren.

Pasar tablet China sudah pernah menunjukkan peningkatan yang luar biasa dikarenakan strategi penawaran agresif yang mana telah terjadi meningkatkan penetrasi tablet pada negara tersebut.

Vendor China juga memperluas pangsa seperti Timur Tengah, dan juga Eropa Tengah kemudian Timur. Di India, tender lembaga pendidikan pemerintah telah terjadi menggerakkan permintaan tablet.

Pada Q2 2024, Apple mempertahankan kepemimpinannya di tempat lingkungan ekonomi tablet global, mengirimkan 13,9 jt iPad lalu mengamankan pangsa pangsa 39%.

Samsung mengalami peningkatan 13% dari tahun ke tahun, mengirimkan 6,8 jt unit, didorong oleh pemasaran kuat dari model unggulannya juga meningkatnya permintaan pada pangsa negara tumbuh di tempat seluruh wilayah Asia Pasifik.

Huawei mempertahankan tempat ketiga, mengirimkan 2,5 jt unit juga mencapai peningkatan tahunan yang tersebut kuat sebesar 51%. Terutama didorong oleh permintaan di dalam China dan juga Timur Tengah.

Lenovo berada dalam urutan keempat, dengan 2,5 jt unit dikirim lalu peningkatan tahunan 16%, akibat menguatkan kehadirannya dalam sebagian besar bursa global.

Xiaomi melengkapi lima besar, melampaui Amazon dengan perkembangan tahun-ke-tahun yang mana signifikan sebesar 106% lalu 2,1 jt unit dikirim.

Vendor Tablet Terbesar di area Dunia:

1. Apple (market share 38,7%), berkembang 18,5%

2. Samsung (18,9%), berkembang 12,7%

Related Articles

Back to top button