olahraga

Profil Son Heung-min, pemain Asia termahal di area Eropa

Ibukota – Sebagai kapten kelompok nasional Korea Selatan serta pemain kunci dalam Tottenham Hotspur, Son Heung-min atau juga yang digunakan dikenal sebagai Sonny telah dilakukan membuktikan dirinya sebagai salah satu talenta sepak bola terbaik dalam dunia ketika ini.

Dia diakui luas sebagai salah satu pemain sayap terkemuka juga merupakan salah satu atlet sepak bola Asia terhebat di sejarah.

Son juga menjadi pemain Asia pertama yang dimaksud berhasil mencetak tambahan dari 50 gol di area Turnamen Premier dan juga dinominasikan untuk penghargaan Ballon d'Or pada tahun 2019.

Lahir dalam Chuncheon, Provinsi Gangwon, Son memulai perjalanan kariernya dengan bergabung ke Hamburger SV pada usia 16 tahun kemudian melakukan debutnya pada Bundesliga Jerman pada tahun 2010.

Pada tahun 2013, ia pindah ke Bayer Leverkusen dengan rekor pemindahan klub sebesar €10 juta, sebelum akhirnya bergabung dengan Tottenham Hotspur dua tahun kemudian dengan biaya sebesar £22 juta, menjadikan ia sebagai pemain Asia termahal di sejarah.

Karier sepak bola

Hamburger SV (2010 – 2013)

Pada Agustus 2008, Sonny meninggalkan regu SMA Dongbuk (sebelumnya regu FC Seoul U-18) untuk bergabung dengan akademi muda Hamburger SV melalui Proyek Pemuda FA Korea. Setahun kemudian, pasca berpartisipasi pada Piala Global U-17 FIFA, beliau resmi bergabung dengan akademi Hamburger SV pada November 2009.

Son menyetujui secara resmi kontrak baru dengan Hamburg hingga tahun 2014. Selama pra-musim 2011–12, ia menunjukkan performa luar biasa dengan mencetak 18 gol pada sembilan pertandingan.

Meskipun sempat mengalami cedera pergelangan kaki, ia pulih lebih banyak cepat dari yang mana diperkirakan. Pada musim 2011-12, Son Heung-Min tampil pada 30 pertandingan juga mencetak lima gol.

Musim 2012–13 menjadi titik balik bagi Son ketika beliau mencetak dua gol di pertandingan tandang melawan Borussia Dortmund pada 9 Februari 2013. Ia mengakhiri musim dengan total 12 gol, menjadi pemain Korea Selatan kelima yang dimaksud mencapai dua digit gol di tempat Eropa.

Bayer Leverkusen (2013 – 2015)

Pada 13 Juni 2013, Bayer Leverkusen mengumumkan transaksi Son Heung-Min dengan biaya sebesar €10 jt yang tersebut menjadi rekor tertinggi untuk klub ketika itu.

Dia menyetujui secara resmi kontrak lima tahun dengan tim. Son cepat beradaptasi dengan klub barunya selama pra-musim, mencetak tiga gol pada tiga pertandingan pertamanya. Di musim 2014-15, beliau mencetak 17 gol di 42 pertandingan.

Tottenham Hotspur (2015 – sekarang)

Pada 28 Agustus 2015, Son bergabung dengan klub Kejuaraan Utama Inggris Tottenham Hotspur seharga £22 jt juga menjadi pemain Asia termahal pada sejarah.

Debutnya dilaksanakan pada 13 September pada waktu bertandang ke Sunderland, dalam mana beliau mencetak dua gol pertamanya pada kemenangan 3–1 berhadapan dengan Qarabag FK.

Tiga hari pasca debutnya, Son mencetak gol pertama di area Kejuaraan Premier melawan Crystal Palace. Musim 2016-17 dilalui dengan sangat baik, di area mana performanya terus meningkat. Di musim 2017-18, beliau membuka musim dengan mencetak gol melawan Borussia Dortmund pada pertandingan Kompetisi Champions UEFA.

Pada 20 Juli 2018, Son melakukan penandatanganan kontrak baru selama lima tahun yang dimaksud melanjutkan masa kerjanya pada Tottenham hingga 2023.

Dia mencetak gol liga pertamanya di tempat musim itu, menjadi gol ke-50 untuk klub pada semua kompetisi. Di akhir Februari, Son dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Turnamen Utama Inggris Tahun Ini adalah dalam London Football Awards.

Pada 23 November 2019, ia mencetak gol pertama untuk Tottenham dalam bawah manajer José Mourinho, sekaligus menjadi Man-of-the-Match di kemenangan 3-2 melawan West Ham. Hingga ketika ini, Son sudah menimbulkan 215 penampilan kemudian mencetak total 79 gol bersatu Tottenham.

Related Articles

Back to top button