olahraga

Profil Wataru Endo, sang jangkar dari Negeri Matahari

Ibukota – Gelandang bertahan jika Jepun milik Liverpool, Wataru Endo merupakan salah satu pemain Asia yang memiliki karier gemilang pada kancah sepak bola internasional.

Endo merupakan salah satu dari banyaknya punggawa Negeri Sakura yang digunakan berkarier di area benua Eropa. Lahir di dalam Yokohama, 9 Februari 1993. Gelandang 31 tahun ini berhasil memikat hati Jürgen Klopp yang tersebut pada waktu itu masih melatih Liverpool.

Endo diboyong Liverpool dari klub Bundesliga Jerman, VFB Stuttgart pada tahun 2023, dengan mahar 20 jt Euro atau sekitar 340 miliar Rupiah.

Wataru Endo memulai karier profesionalnya dengan bergabung bersatu Shonan Bellmare di area tahun 2011. Ia kemudian hijrah ke Urawa Reds pada tahun 2016, sama-sama Urawa Reds, Endo tampil sebanyak 108 laga di area semua kompetisi selama dua tahun sekaligus meraih peringkat juara Piala Japanese Legue Cup dan juga menjadi kampiun Kejuaraan Champions Asia.

Performa apiknya pada liga domestik mencuri perhatian klub Eropa untuk membawanya ke benua biru, alhasil pada Juli 2018, Endo hijrah ke Eropa dengan bergabung bersatu klub dengan syarat Belgia, Sint Truidense.

Tak berselang lama setelahnya bermain di dalam Belgia, setahun kemudian Endo dipinjamkan ke klub Bundesliga, VFB Stuttgart. Penampilannya yang dimaksud gemilang menciptakan Pellegrino Matarazzo, selaku pembimbing Stuttgart ketika itu mempermanenkannya.

Empat musim bersatu Stuttgart, dirinya dilirik oleh klub Inggris, Liverpool untuk menggantikan sikap Jordan Henderson yang tersebut hijrah ke Kompetisi Arab.

Pada Agustus 2023 dirinya resmi berseragam The Reds di tempat bawah asuhan Jürgen Klopp. Hingga ketika ini, Endo total telah mengemas 46 kali penampilan dengan catatan 2 gol dan juga 1 assis.

Saat ini, sang samurai Jepang masih terus berjuang untuk mendapatkan sikap utama bersatu "The Anfield Gang" di setiap musimnya.

Related Articles

Back to top button