teknologi

Wajib Tahu, Ini adalah Cara Membersihkan Cache HP Xiaomi

JAKARTA – User handphone kerap merasa performa gawainya melemah. Salah satu penyebabnya jejak file alias cache terlalu banyak, ada cara mudah membersihkan cache HP Xiaomi yang dimaksud wajib diketahui.

Cache yang tersebut terlalu sejumlah tersimpan di tempat HP Xiaomi menghasilkan penyimpanan data membeludak. Walhasil, ketika pengguna melakukan browsing akan segera terasa lama.

Melansir berbagai sumber, berikut cara membersihkan cache HP Xiaomi, Rabu (7/8/2024):

1. Cek file manager

Buka aplikasi mobile File Manager di area HP Xiaomi. Aplikasi komputer ini bawaan resmi dari HP Xiaomi, bukanlah perangkat lunak yang diakses dari Play Store.

2. Cek penyimpanan memori

Setelah membuka program File Manager, pilih ikon folder yang ada pada bagian atas, lalu pilih “Penyimpanan”.

3. Cek statistik penggunaan

Statistik pengaplikasian ruang internal akan datang memerlihatkan kapasitas memori data yang mana terpakai. Biasanya memerlihatkanaplikasi, data gambar, audio, video danfilelainnya. Misalnya,filelainnya bisa saja menyita hingga 17,65 GB.

4. Hapus aplikasi mobile dan juga data

Pilih “Apk juga Data”. Akan tampil aplikasi-aplikasi yang menyita ruang internal dari yang terbesar hingga terkecil.

Contohnya, program Galeri menyita ruang hingga 2,25 GB, pilih aplikasi mobile Galeri, kemudian pilih “Hapus Semua Data”. Jangan khawatir, foto lalu video kamu bukan akan terhapus. Lakukan hal yang serupa untuk aplikasi mobile lain seperti PicsArt.

5. Hapus video

Pilih folder “Video” lalu tandai video-video yang mana tidak ada diperlukan atau berukuran besar, lalu hapus video tersebut.

6. Hapus file lainnya

Filelainnya banyak kali tidaklah terdeteksi oleh sistem lalu harus dicari secara manual. Kembali ke beranda File Manager dan juga klik tiga titik di area pojok kiri atas, pilih “Setelan”, lalu aktifkan opsi “Tampilkan File Tersembunyi”.

7. Cari lalu hapus file tersembunyi

Carifoldertersembunyi yang ditandai dengan titik di dalam depannya. Buka satu per satu dan juga hapusfileberukuran besar, seperti yang mana ada difolder cacheaplikasi Facebook atau MIUI Gallery.

8. Hapus file sampah

Gunakan ciri pencarian dalam File Manager untuk mencarifile-filetertentu seperti APK,thumbnail(thumb), dan juga gambar (pict) yang tidaklah diperlukan, lalu tandai juga hapus.

9. Restart

Setelah menghapusfile-fileyang tidaklah diperlukan, restart HP untuk mengoptimalkannya. Buka kembali aplikasi mobile File Manager lalu periksa ruang penyimpanan. Kamu akan mengamati perbedaan signifikan setelahnya membersihkanfile-filesampah tersebut.

Related Articles

Back to top button