teknologi

5 Cara Mudah Mengubah Negatif Film Menggunakan Smartphone

JAKARTA – Kamera film pada masa kini telah nyaris punah tertelan kemajuan zaman digantikan oleh perangkat digital. Bahkan, kamera smartphone sudah ada sangat canggih hingga mampu menghadirkan gambar berkualitas dengan proses instan.

Namun, warisan negatif film tentu masih ada lalu menyimpan sejumlah memori indah. Membiarkannya begitu hanya tentu bukanlah hal yang dimaksud bijak lantaran ada cara mudah memindahkannya ke sistem digital.

Berikut cara mudah mengubah kenangan lama menjadi format digital yang dimaksud dapat dinikmati kapan hanya dilansir dari Slash Gear, Hari Sabtu (17/8/2024):

Sebelum memulai, siapkan pemindai negatif film menggunakan iPhone atau Android dengan kamera berkualitas tinggi. Selanjutnya, gunakan lampu pad terjangkau atau layar besar seperti iPad atau tablet Android sebagai latar belakang. Setel kecerahan ke maksimum dan juga gunakan aplikasi mobile kotak cahaya atau menerbitkan layar putih online.

Kemudian letakkan sumber cahaya di dalam permukaan datar pada ruangan yang dimaksud gelap. Tempatkan pemisah seperti dua tumpukan buku dengan kaca transparan pada sedang untuk menjaga film tetap memperlihatkan terangkat serta menghindari cahaya membilas foto.

Berikutnya, tempatkan negatif film di dalam menghadapi pemisah dengan gambar yang mana diinginkan di tempat sedang kaca. Lalu letakkan ponsel sejajar dengan film menggunakan dudukan ponsel atau pegangan leher angsa.

Dengan persiapan ini, proses mendigitasi negatif film telah bisa saja dijalankan menggunakan salah satu dari beberapa metode sebagai berikut.

1. FilmBox

FilmBox adalah perangkat lunak pemindai negatif film yang mana sangat direkomendasikan untuk iOS lalu Android. Aplikasi komputer ini mempermudah proses digitasi dengan pemindaian otomatis kemudian hasil yang dimaksud minim pengeditan.

Berikut caranya:

– Instal Aplikasi: Unduh FilmBox oleh Photomyne dari App Store atau Google Play.

Related Articles

Back to top button