olahraga

Usai Lawan India 2 Kali, Timnas Indonesia U-17 Fokus Benahi Taktik Hadapi Kualifikasi Piala Asia U-17

Jakarta – Timnas Indonesia U-17 baru cuma menjalani dua laga uji coba melawan India. Mereka kini fokus membenahi taktik pemain untuk menghadapi kualifikasi Piala Asia U-17 di area Kuwait, 23-27 Oktober 2024.

“Itu menjadi ujian buat kami bagaimana meninjau kelompok ini dapat betul-betul melaksanakan dengan baik,” kata Pelatih Kepala Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto di dalam Stadion Kapten I Wayan Dipta, Daerah Gianyar, Bali, Selasa malam.

Salah satu taktik yang dimaksud dapat dipetik setelahnya menjalani pertandingan persahabatan melawan Timnas India U-17 adalah compact defense yakni strategi yang menjaga kelompok tetap memperlihatkan solid pada waktu bertahan.

Taktik itu, lanjut dia, dibutuhkan ketika berhadapan dengan kelompok lainnya pada level yang digunakan lebih besar tinggi yang dimaksud menjadi lawan Indonesia pada fase kualifikasi Piala Asia U-17 yakni Australia, Kepulauan Mariana Utara kemudian regu tuan rumah Kuwait.

“Kami mampu mengawasi dari India tampil baik dan juga India melakukan taktikal compact defense dan juga bagaimana kami membuka compact defense, itu yang digunakan memproduksi kami harus sejumlah belajar,” imbuhnya.

Adapun persiapan yang telah dilaksanakan sebelum kualifikasi itu, kata dia, masih terkait kesiapan umum dalam antaranya fisik pemain yang digunakan sudah ada berjalan baik.

Selain itu, kelompok ahli juga akan meningkatkan cara mendirikan keserasian (chemistry) antarpemain.

Pasalnya, pada waktu laga persahabatan melawan India, perlu perbaikan masalah keserasian yang mana berdampak hilangnya penguasaan bola

“Kami sejumlah mengamati pemain melakukan kesalahan di passing, itu catatan terbesar kami. Hari ini sejumlah pemain ambil kebijakan di melepas bola masih sejumlah melakukan kesalahan juga itu menjadi pembelajaran kami,” katanya.

Sementara itu, pada laga pertama Timnas Indonesia U-17 menang melawan India dengan skor 3-1 pada Minggu, 25 Agustus. Kemudian, situasi berbalik dengan kemenangan pasukan tamu Timnas India U-17 dengan skor satu-nol pada laga kedua Selasa waktu malam ini.

Soal kekalahan itu, Kapten Timnas Indonesia U-17 Putu Panji berjanji akan melakukan perbaikan melawan catatan yang digunakan diberikan pelatihnya.

“Pastinya saya kecewa untuk pertandingan kedua. Ke depan kami akan melakukan perbaikan,” kata pemain muda jika Desa Kaba-kaba, Tabanan, Bali itu.

Related Articles

Back to top button