Pengelola Ragunan Imbau Pengunjung Tak Beri Makanan Satwa

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengimbau para pengunjung tak memberikan makanan ke satwa.
Bambang juga meminta pengunjung tak melemparkan benda apa pun dan mengganggu satwa selama waktu berkunjung.
banner 468x60

Nagabola.news – Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengimbau para pengunjung tak memberikan makanan ke satwa. Bambang juga meminta pengunjung tak melemparkan benda apa pun dan mengganggu satwa selama waktu berkunjung.

“Pertama, kita sudah pasang papan imbauan larangan tidak melempar makanan, tidak mengganggu hewan, tidak menimbulkan suara-suara yang mengganggu binatang. Nah itu kita kasih tulisannya,” kata Wahyudi Bambang kepada wartawan di Ragunan, Jaksel, Kamis (11/4/2024).

Bambang juga meminta wisatawan tak membuang sampah sembarangan. Dia mengatakan para wisatawan dapat didenda Rp 500 ribu jika membuang sampah sembarangan.

“Ya dari pagi jam 07.00 WIB, kita selalu meworo-woro masalah kebersihan itu prioritas. Ada peran pengunjung juga ikut menjaga kebersihan. Kan di sini ada denda Rp 500 ribu bagi pengunjung yang buang sampah sembarangan ya,” ucap Bambang.

Bambang menyampaikan aturan denda sesuai dengan Perda Nomor 3 Tahun 2013. “Kita sebenarnya sih nggak mau denda ya, tapi ini ada aturan lho, jangan main-main dengan buang sampah sembarangan,” tambah Bambang.

Bambang mengatakan berbagai imbauan itu ditulis dalam papan imbauan di area Taman Margasatwa Ragunan. Dia mengatakan imbauan itu juga diumumkan melalui pengeras suara.

“Kemudian imbauan lewat suara berulang-ulang supaya pengunjung kan memang yang bacanya kurang makanya kami announce via suara, kita ulang-ulang, kita remind terus, sehingga kebiasaan ini menjadi baik. Tidak memberikan makanan, melempar, apalagi makanan manusia ya tidak boleh lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, kawasan Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan (Jaksel) dipadati pengunjung pada hari kedua Lebaran 2024. Lebih dari 27 ribu pengunjung tercatat memasuki Ragunan per pukul 11.00 WIB pagi ini.

“Untuk saat ini pengunjung sudah tercatat ada lebih dari 27 ribu di posisi jam 11 pagi ini ya,” kata Wahyudi di Ragunan, Jaksel, Kamis (11/4/).

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *