UFC Tidak Menggunakan Ring Tinju? Mengapa? Ini Alasannya

banner 468x60

Nagabola News – Mengapa UFC tidak menggunakan ring tinju untuk pertarungannya? Inilah alasannya. Ultimate Fighting Championship (UFC) telah menjadi ajang olahraga bela diri campuran yang sangat diminati di seluruh dunia.

Mempertemukan banyak petarung hebat dengan berbagai aliran bela diri, UFC selalu mempertontonkan pertandingan yang super seru. Namun, selain pertandingannya yang superseru berkat pertemuan antar petarungnya, UFC juga identik dengan arena pertarungannya yang berbentuk segi delapan alias octagon. Arena bukan berbentuk persegi seperti ring tinju maupun lingkaran.

Read More
banner 300x250

Rorion Gracie menjadi sosok di balik bentuk octagon arena gulat UFC. Ia adalah salah satu orang yang ikut mendirikan ajang gulat ini dengan ide imajinatifnya.

Sebelum memutuskan menggunakan bentuk octagon, Rorion Gracie sempat memiliki ide gila untuk membuat arena di mana terdapat parit berisi ikan hiu di sekelilingnya. Ia juga sempat memikirkan untuk membuat ring yang dialiri listrik agar petarung tersetrum saat menyentuhnya.

Namun pada akhirnya, demi keamanan petarung dan tetap menjunjung tinggi keunikan demi promosi UFC, bentuk octagon yang normal. Tetapi, ada sudut yang empuk menjadi bentuk yang dipilih.

3 Alasan UFC Tidak Menggunakan Ring Tinju

Yang jadi pertanyaannya, mengapa Rorion Gracie dan UFC tidak memilih menggunakan ring tinju saja?

Ada setidaknya tiga alasan utama mengapa UFC tidak menggunakan ring tinju dan justru menggunakan arena yang berbentuk octagon. Alasan pertama karena mereka ingin bentuk yang unik.

UFC memiliki tekad untuk menciptakan sesuatu yang baru, unik, dan membuat mereka menonjol dari yang lain. Untuk itu, octagon dipilih karena bentuknya yang sangat berbeda dengan ajang lainnya.

Alasan kedua, UFC tidak ingin menggunakan ring tinju karena akan menguntungkan petarung yang menggunakan bela diri tinju atau kickboxing. Seperti namanya, yakni Mix Martial Art (MMA), UFC ingin memberikan keadilan untuk seluruh beladiri dari petarung mana pun.

Alasan ketiga, bentuk octagon juga akan melindungi petarung agar tidak terjatuh. Sudutnya yang lebar juga mencegah petarung terjebak di sisi sudut tanpa jalan keluar.

Karena ketiga alasan itulah, arena pertarungan UFC lebih memilih bentuk segi delapan. Ajang ini tidak menggunakan arena persegi seperti ring tinju.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *